Main Gawai Di Kelas, Haramkah?



JURNALGURU21 - Sebuah karikatur menarik karya Patrick Corrigan, menggambarkan bagaimana seorang guru tampak "berdamai" dengan kehadiran gawai dalam situasi pembelajaran. Keberadaan perangkat komunikasi canggih seperti smartphone yang dibawa para siswa ke sekolah kerap dianggap sebagai pengganggu kegiatan KBM.

Memang masih menjadi pertentangan, beberapa kalangan guru dengan tegas mengfatwakan haram, sebagian lagi oke-oke saja sebagaimana digambarkan karikatur di atas.

Kalau untuk saya pribadi sih, penggunaan gawai di ruang kelas tidak ada masalah selama itu memang mendukung kegiatan pembelajaran. Tetapi jika main gawai hanya sekedar cek medsos atau Whatsapp dan sejenisnya, ya itu sih cari gara-gara namanya. Pada setiap awal pertemuan Saya juga selalu menekankan kepada para siswa terkait penggunaan gawai di dalam kelas saat pelajaran.

Salah satu contoh penggunaan gawai di kelas saya yaitu, ketika kegiatan "Photo Hunt". Dimana siswa diinstruksikan memotret beragam benda yang sudah ditentukan melalui beberapa kata kunci, dan selanjutnya mendeskripsikan secara singkat apa yang mereka dapat.

Bagaimana dengan Anda sendiri?

___
Ilustrasi: cagle.com

Posting Komentar

0 Komentar