Mengapa emak-emak naik motor menyalakan sein ke kiri tapi belok kanan?

JURNALGURU21 - Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan fenomena tersebut, tapi sebelum itu, sebuah riset dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia telah mengklaim bahwa pria memiliki kemampuan membaca arah (bernavigasi) lebih baik daripada wanita.

1. UI (tampilan) Speedometer
Desain tampilannya memang cukup membingungkan bagi emak-emak. Cukup banyak motor, terutama matic, yang memiliki tampilan indikator lampu sein tunggal. Dimana indikator sein kiri kanan tidak dipisah. Ini adalah contoh tampilan speedometer motor bit.

Sebelum baca jawaban di bawah gambar ini, coba emak2/teteh2/ibu2/neng2/dll, bisakah tunjukan dengan tepat yang mana indikator untuk lampu sein?


Ya, betul. Yang di kanan bawah, berwarna hijau dengan icon panah menunjuk ke arah kiri dan ke kanan.

Nah di situlah masalahnya.

Masalahnya adalah, indikator ini hanya untuk pengendara yang sudah terlatih sebenarnya. Mengapa?

Karena ketika lampu sein nyala, indikatornya tidak menunjukan lampu sein mana (apakah kiri/kanan) yang sedang berkedip!

Saran saya, mungkin, mungkin pabrikan bisa tambahkan fitur suara (yg bisa di on/off tentunya) untuk membantu si pengendara lampu sein mana yang lagi nyala. :)


2. Kurang training/edukasi/sosialisasi
Dugaan saya, kayaknya para emak2 yang membawa motor dengan kasus sein-kiri-belok-kanan ini mungkin kurang diberi pengertian oleh katakanlah suami/anak laki2nya tentang tata cara berkendara yang baik dan benar.

Emak2 ini dibelikan/disediakan motor, diajari cara biar bisa jalan, udah.

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat berkendara jadi terabaikan. Kesadaran seperti mengenakan helm, jangan bawa tas jinjing sambil riding, jangan pegang hape sambil pegang stang, arti dari beberapa rambu lalin di jalanan, ngasih tips kalo ban bocor, termasuk ngasih tau indikator2 yang ada di speedometer itu.

Bagaimanapun, tanpa bermaksud sentimen seksis, "jalanan" adalah dunianya laki2. Dan perempuan yang terjun kesana sebaiknya diberi bekal proper oleh para lelaki di sekelilingnya.


3. Psikologis manusianya
Di Australia bahkan sampai ada yang membuat tato untuk kliennya agar bisa membedakan kiri/kanan . Saking ternyata memang sulit bagi sebagian orang untuk membedakan mana kiri/kanan.

Sebagaimana disebutkan di awal tulisan, perempuan cenderung lebih sulit memahami hal-hal yang sifatnya spasial. Seperti membaca peta, termasuk google maps. Coba aja tes, ke ibu/saudara atau teman perempuan kamu untuk baca peta.

Jadi, ya itu tantangannya. Di bagian ini kita harus mengerti. Sama seperti para wanita harus mengerti kenapa pria kadang suka gak peka.

*

Saran saya, untuk para suami/anak laki2, tolong bimbing/pandu/latih para perempuan di circle kalian, yang memang terpaksa harus bawa motor, agar mereka kompeten.

Dengan mengedukasi mereka, tentunya ikut meminimalisir kecelakaan /menyelamatkan nyawa semua pengguna jalan. Karena fenomena emak-emak-sein-kiri-belok-kanan ini sudah bukan lagi joke. Beneran.


*) Tulisan ini merupakan salinan dari jawaban saya di situs Quora.

_____

Catatan Kaki

Sumber Ilustrasi
https://riaupos.jawapos.com/

Posting Komentar

0 Komentar